Silabus 10 Kolom Kelas 6

Salam dan Semangat pagi selalu Guru di Indonesia.
Begitu banyak pertamyaan seputar administrasi guru terbaru.

Saya berikan contoh silabus kelas 6 paling baru agar dapat memandu bapak/ibu untuk bisa membuatnya secara mandiri.

SILABUS


Tema                           : 1. Selamatkan Makhluk Hidup

Subtema                     : 1. Tumbuhan Sahabatku

Nama Sekolah            :
Kelas/Semester          : VI (Enam) / Ganjil
Kompetensi Inti          :


KI 1   :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2   :  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
KI 3   :  Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan di tempat bermain.
KI 4   :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


MUPEL
KOMPETENSI DASAR
KETERANGAN
KI 1
KI 2
PPKn
1.1  Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilainilai Pancasila secara utuh sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari .
2.1  Bersikap penuh tanggung
jawab sesuai nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
·      Pembelajaran pada KD KI 1 dan  KI2 terintegrasi dalam pembelajaran pada KI 3 dan KI4 melalui indirect teaching
·      Penilaian hasil belajar dilakukan melalui observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, dan jurnal (catatan pendidik).







Tema 1                     : Selamatkan Makhluk Hidup
Subtema 1                : Tumbuhan Sahabatku

Muatan Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Tujuan
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Wkt
Sumber Belajar
PPK
PPKn
3.1 Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehdupan sehari-hari
3.1.1 Menemukan tiga contoh pelaksanaan sila kesatu dan kedua dari sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
3.1.2 Menemukan tiga contoh pelaksanaan sila ketiga dari sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
3.1.3 Menemukan tiga contoh pelaksanaan sila ketiga Pancasila terkait menjaga tumbuhan.
1.   Setelah mendiskusikan cerita, siswa mampu menemukan tiga contoh pelaksanaan sila kesatu dan kedua dari sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
2.   Setelah mengamati gambar situasi, siswa mampu menemukan tiga contoh pelaksanaan sila ketiga dari sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
3.   Setelah berdiskusi, siswa mampu menemukan tiga contoh pelaksanaan sila ketiga Pancasila terkait menjaga tumbuhan dengan tepat.
Sila Pancasila ke  1 & 2
Sila Pancasila ke 3
Membuat cerita dan rencana penerapan sila ke-3.

Pembelajaran I
§ Guru membawa gambar salah satu jenis hewan yang sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan, misalnya ikan.
§ Guru mengajukan pertanyaan.
§ Guru kemudian menuliskan jawaban siswa di papan tulis dan menyampaikan bahwa mereka akan belajar tentang hewan.
§ Siswa diminta untuk membaca teks tentang hewan-hewan yang hidup di negara ASEAN yang ada pada buku pelajaran. Guru memberi waktu sekitar tiga menit.
§ Setiap siswa kemudian menulis hewan yang ada di sekitar mereka, mengisi diagram Venn, dan mendiskusikannya.
§ Siswa menuliskan manfaat perkembangbiakan hewan secara vivipar dan ovipar kemudian disampaikan kepada teman kelasnya. Guru membimbing diskusi secara klasikal.
§ Setelah siswa membaca teks tentang kegiatan ekonomi di negara ASEAN, guru dan siswa membahasnya sebentar.
§ Dalam kelompoknya, setiap siswa diminta untuk menyampaikan kondisi geografis negara ASEAN dan kehidupan ekonominya. Siswa kemudian diminta untuk menyampaikan kembali apa yang dibacanya.
§ Guru memberikan penguatan tentang kehidupan ekonomi negara ASEAN.
§ Pada pertemuan sebelumnya, siswa memilih dua negara ASEAN dan menuliskan kehidupan sosial budayanya.
§ Untuk melengkapi informasi dua negara tersebut, siswa diminta untuk membandingkan negara-negara tersebut dari kehidupan ekonominya.
§ Pada kesempatan ini, guru menyampaikan informasi kepada siswa bahwa mereka akan mendengarkan guru membaca teks laporan. Siswa harus menyimaknya dan mengisi diagram.
§ Sebelum membaca teks, guru mengingatkan siswa untuk menyimak dengan saksama. Guru memastikan bahwa semua siswa dapat mendengar suara guru dengan jelas.
§ Siswa kemudian mendiskusikan diagramnya dengan teman kelompoknya dan memperbaiki jawabannya apabila perlu.
§ Guru menyampaikan daftar periksa penilaian kepada siswa.
§ Siswa melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam Buku Siswa.
§ Guru dapat menambahkan pertanyaan refleksi berdasarkan panduan  yang terdapat pada lampiran di Buku Guru.

Pembelajaran II
§ guru bersama siswa mendiskusikan kembali pengamalan nilai Pancasila.
§ Siswa melanjutkan kegiatan dengan mengamati gambar dan mencocokkannya dengan nilai-nilai yang diminta
§ Siswa secara individu harus menemukan contoh pengamalan sila kesatu dan kedua dalam kehidupan sehari-hari dan penerapannya.
§ Guru menyampaikan bahwa hasil karya seni rupa dari gerabah dibuat dalam berbagai bentuk. Salah satunya adalah patung Nusantara dari tanah liat.
§ Siswa mengamati kerajinan patung tanah liat Nusantara dari Kasongan, Yogyakarta.
§ Siswa mendiskusikan pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa
§ Siswa mencoba membuat bentuk model dengan menggunakan bahan.
§ Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam Buku Siswa.

Pembelajaran III
§ Guru menunjukkan buah atau sayuran yang dibawanya (yang berkembang biak secara vegetatif : bawang, pisang, wortel, atau lainnya). Guru dapat meminta siswa untuk menulis pertanyaan terkait tumbuhan/sayuran yang mereka lihat terkait perkembangbiakannya
§ Setiap siswa mendiskusikan pertanyaan yang ditulisnya dalam kelompok
§ Guru menginformasikan kepada siswa bahwa mereka akan belajar tentang perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif.
§ Siswa memulai kegiatan dengan melakukan pengamatan gambar yang ada pada buku pelajaran dan melakukan diskusi setelahnya.
§ Siswa dapat menambah pengetahuan mereka dengan meminta mereka untuk membaca buku di perpustakaan atau teks yang telah disiapkan tentang perkembangbiakan secara vegetatif (apabila tersedia).
§ Setelah mengamati tumbuhan di lingkungan sekolah, siswa mengisi tabel pada buku dan menulis manfaat perkembangbiakan secara vegetatif.
§ Siswa melanjutkan kegiatan dengan membaca teks dan menulis ide pokoknya dengan mengisi diagram.
§ Siswa menulis ide pokok pada diagram yang tersedia.
§ Siswa mendiskusikan hasilnya dengan teman kelompok dan membuat perbaikan yang perlu. Setelah itu mereka mengembangkannya dengan kalimat sendiri.
§ Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam Buku Siswa.
§ Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran Buku Guru.

Pembelajaran IV
§ Guru menunjukkan tumbuhan dalam pot dan mengajak siswa untuk memberikan pendapatnya tentang manfaat-manfaat tumbuhan.
§ Siswa membaca instruksi yang ada di buku teks dan membaca teks bacaan.
§ Guru mengajak siswa membaca paragraf I dalam hati dan membaca kesimpulan yang ada di buku.
§ Guru melanjutkan kegiatan untuk paragraf kedua dengan kegiatan yang sama.
§ Setiap siswa diminta untuk membuat ciri-ciri kesimpulan yang baik.
§ Guru memberikan penguatan tentang apa yang dimaksud dengan kesimpulan yang baik.
§ Siswa melanjutkan kegiatan dengan mengamati gambar dan menjawab pertanyaan dan mendiskusikannya dengan teman kelompoknya.
§ Guru mendiskusikan jawaban siswa secara klasikal.
§ Siswa secara individu harus menemukan contoh pengamalan sila ketiga dalam kehidupan sehari-hari dan penerapannya.
§ Di akhir kegiatan, guru bersama siswa mendiskusikan kembali tentang pengamalan nilai Pancasila terkait sila ketiga

Pembelajaran V
§ Guru menempel peta ASEAN di papan tulis dan mendiskusikan wilayahnya.
§ Di awal pembelajaran, guru meminta siswa untuk melanjutkan pekerjaan mereka terkait negara ASEAN. Siswa membuka kembali catatan yang ada pada diagram Venn-nya.
§ Guru menunjukkan daftar periksa yang akan digunakan untuk menilai pekerjaan siswa.
§ Guru kemudian mengajak siswa untuk berdiskusi tentang hasil pekerjaannya.
§ Siswa diingatkan untuk mengambil bahan patung dan melanjutkan membuat model patung sederhana dengan bahan yang ada agar terbiasa dan keterampilan mereka semakin bertambah baik.
§ Siswa melanjutkan kegiatan dengan membaca soal cerita. Guru mengingatkan mereka untuk membacanya dengan seksama dan menjawab soal dengan cermat.

Pembelajaran VI
§ Siswa melanjutkan kegiatan dengan membaca teks yang ada pada buku pelajaran.
§ Secara klasikal siswa mendiskusikan hasilnya.
§ Secara individu siswa mengumpulkan kesimpulan yang ada dan menuliskan kesimpulan secara utuh.
§ Guru berkeliling untuk memberikan bantuan saat siswa berdiskusi.
§ Guru dapat memulai kegiatan berikutnya dengan mengajak siswa untuk berdiskusi tentang pengalaman mereka merawat tanaman. Dua atau tiga siswa diberi kesempatan untuk menyampaikan pengalamannya. Siswa lain dipersilakan untuk memberi komentar.
§ Guru kemudian mengajak siswa untuk mengerjakan tugas sesuai instruksi yang ada di buku.
§ Setiap siswa kemudian menulis rencana penerapan sila Persatuan Indonesia terkait dengan menjaga tumbuhan.
§ Siswa menyampaikan hasilnya kepada teman kelompok dan setelah itu mereka menyampaikannya kepada guru.
Sikap :
·   Observasi
Selama KBM:
ü  Percaya diri
ü  Tanggung jawab
ü  Santun


Pengetahuan:
Tes tulis, lisan, penugasan
·   Ide pokok dan informasi penting
·   Perkembangbiakan generatif
·   Karakteristik negara ASEAN terkait sosial budaya
·   Sila ke-1 dan ke-2
·   Bahan membuat patung dan Teknik membuat patung
·   Perkembangbiakan vegetatif
·   Ide pokok, informasi
·   Cara membuat kesimpulan
·   Sila ke-3
·   Kondisi geografis negara ASEAN
·   Patung nusantara
·   Keberagaman di lingkungan sekitar
·   Kesimpulan yang baik
·   Kata baku

Keterampilan:
Unjuk kerja
·     Membaca pemahama
·     Mengamati dan membuat laporan
·     Membandingkan
·     Membandingkan, mengurutka
·     Merefleksi
·     Mengamati
·     Membuat laporan
·     Membaca pemahama
·     Menyimpulkan
·     Merefleksi diri
·     Membandingkan
·     Menyelesaikan masalah
·     Membaca pemahama
·     Menyelesaikan masalah
·     Membaca pemahaman
·     Membuat rencana
36    JP
Buku Pedoman Guru Tema: Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
Buku Siswa Tema : Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

·   Integritas
·   Nasionalis
·   Religius
·   Percaya diri
·   Cermat
·   Kerja sama
·   Mandiri
·   Disiplin
·   Tanggung jawab
·   Menghargai
4.1 Menyajikan hasil analisis pelaksanaan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
4.1.1  Menerapkan dua kegiatan yang sesuai dengan sila kesatu dan kedua dari sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
4.1.2 Melakukan refleksi terkait penerapan sila ketiga dari sila Pancasila.
4.1.3 Menerapkan dua kegiatan yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila terkait menjaga tumbuhan.
1.   Setelah berdiskusi, siswa mampu menerapkan dua kegiatan yang sesuai dengan sila kesatu dan kedua dari sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
2.   Setelah berdiskusi, siswa mampu melakukan refleksi terkait penerapan sila ketiga dari sila Pancasila dengan benar.
3.   Setelah berdiskusi, siswa mampu menerapkan dua kegiatan yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila terkait menjaga tumbuhan dengan rinci.
Bahasa Indonesia
3.1 Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.
3.1.1 Menemukan ide pokok dengan bantuan diagram.
1.  Setelah mendengarkan teks laporan yang dibacakan, siswa mampu menemukan ide pokok dengan bantuan diagram.

§ Mencatat ide pokok dari teks yang dibaca.

4.1 Menyajikan simpulan secara lisan dan tulis dari teks laporan hasil pengamatan atau wawancara yang diperkuat oleh bukti.
4.1.1Mengembangkan ide pokok dengan menggunakan bahasanya sendiri secara rinci.
1.  Setelah menemukan ide pokok dari teks yang dibacakan, siswa mampu mengembangkan ide pokok dengan menggunakan bahasanya sendiri secara rinci.






Muatan Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Tujuan
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
PPK
SBdP
3.4 Memahami patung.
3.4.1 Menyebutkan berbagai patung dan cara pembuatannya serta keterampilan yang dibutuhkan.
3.4.2 Menemukan cara membuat patung.
1.     Setelah mengamati berbagai contoh patung Nusantara, siswa mampu menyebutkan berbagai patung dan cara pembuatannya serta keterampilan yang dibutuhkan.
2.     Setelah melakukan uji coba dengan bahan patung, siswa mampu menemukan cara membuat patung dengan tepat.
Patung Nusantara
Berlatih keterampilan membuat patung dengan membuat bentuk dari adonan mainan.
4.4 Membuat patung.
4.4.1 Membuat model patung.
4.4.2 Mencoba membuat patung dengan lebih terampil.
1.     Dengan menggunakan bahan tanah liat, lilin malam, atau adonan plastisin, siswa mampu membuat model patung.
2.     Dengan menggunakan bahan tanah liat, lilin malam, atau adonan, siswa mampu mencoba membuat patung dengan lebih terampil.

IPS
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.
3.1.1 Menyebutkan kehidupan ekonomi dari dua negara terkait kondisi geografisnya.
1.     Setelah membaca teks tentang ASEAN, siswa mampu menyebutkan kehidupan ekonomi dari dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar.

§ Menemukan persamaan dan perbedaan karakteristik dua Negara ASEAN terkait kehidupan ekonomi.

4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politik di wilayah ASEAN.
4.1.1 Menulis laporan tentang perbedaan kehidupan ekonomi dari dua negara terkait kondisi geografisnya.
1.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis laporan tentang perbedaan kehidupan ekonomi dari dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar melalui diagram Venn.

IPA
3.1 Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan
4.1 Menyajikan karya tentang perkembangangbiakan tumbuhan.
3.1.1 Mengklasifikasi hewan berdasarkan cara perkembangbiakannya secara ovipar dan vivipar serta manfaatnya.
1.     Setelah membaca teks, siswa mampu mengklasifikasi hewan berdasarkan cara perkembangbiakannya secara ovipar dan vivipar serta manfaatnya.

§ Membandingkan perkembangbiakan hewan yang ada di negara ASEAN menggunakan diagram Venn.

4.1.1 Melaporkan hewan berdasarkan cara perkembangbiakan secara ovipar dan vivipar melalui tabel dan manfaatnya.
1.     Setelah berdiskusi, siswa mampu melaporkan hewan berdasarkan cara perkembangbiakan secara ovipar dan vivipar melalui tabel dan manfaatnya dengan benar.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.