Salam dan Semangat pagi selalu Guru di Indonesia.
Begitu banyak pertamyaan seputar administrasi guru terbaru.
Saya berikan contoh silabus kelas 6 paling baru agar dapat memandu bapak/ibu untuk bisa membuatnya secara mandiri.
Tema :
1. Selamatkan Makhluk Hidup
Subtema : 1. Tumbuhan Sahabatku
Begitu banyak pertamyaan seputar administrasi guru terbaru.
Saya berikan contoh silabus kelas 6 paling baru agar dapat memandu bapak/ibu untuk bisa membuatnya secara mandiri.
SILABUS
Tema :
1. Selamatkan Makhluk Hidup
Subtema : 1. Tumbuhan Sahabatku
Nama Sekolah :
Kelas/Semester : VI (Enam) / Ganjil
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta
tanah air.
KI 3 : Memahami
pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan di
tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
MUPEL
|
KOMPETENSI DASAR
|
KETERANGAN
|
|
KI 1
|
KI 2
|
||
PPKn
|
1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas
nilainilai Pancasila secara utuh sebagai satu kesatuan dalam kehidupan
sehari-hari .
|
2.1 Bersikap penuh tanggung
jawab sesuai nilai-nilai Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari.
|
· Pembelajaran
pada KD KI 1 dan KI2 terintegrasi
dalam pembelajaran pada KI 3 dan KI4 melalui indirect teaching
· Penilaian
hasil belajar dilakukan melalui observasi, penilaian diri, penilaian antar
teman, dan jurnal (catatan pendidik).
|
Tema 1 : Selamatkan Makhluk Hidup
Subtema 1 : Tumbuhan Sahabatku
Muatan Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Tujuan
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Wkt
|
Sumber Belajar
|
PPK
|
PPKn
|
3.1 Menganalisis
penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehdupan sehari-hari
|
3.1.1 Menemukan tiga contoh pelaksanaan sila
kesatu dan kedua dari sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
3.1.2 Menemukan tiga contoh pelaksanaan sila
ketiga dari sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
3.1.3 Menemukan tiga
contoh pelaksanaan sila ketiga Pancasila terkait menjaga tumbuhan.
|
1.
Setelah
mendiskusikan cerita, siswa mampu menemukan tiga contoh pelaksanaan sila
kesatu dan kedua dari sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
2.
Setelah mengamati
gambar situasi, siswa mampu menemukan tiga contoh pelaksanaan sila ketiga
dari sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
3.
Setelah berdiskusi,
siswa mampu menemukan tiga contoh pelaksanaan sila ketiga Pancasila terkait menjaga
tumbuhan dengan tepat.
|
Sila
Pancasila ke 1 & 2
Sila Pancasila ke 3
Membuat cerita dan rencana penerapan sila
ke-3.
|
Pembelajaran I
§
Guru membawa gambar salah satu jenis hewan yang
sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan, misalnya ikan.
§
Guru mengajukan pertanyaan.
§
Guru kemudian menuliskan jawaban siswa di papan
tulis dan menyampaikan bahwa mereka akan belajar tentang hewan.
§
Siswa diminta untuk membaca teks tentang hewan-hewan
yang hidup di negara ASEAN yang ada pada buku pelajaran. Guru memberi waktu
sekitar tiga menit.
§
Setiap siswa kemudian menulis hewan yang ada di
sekitar mereka, mengisi diagram Venn, dan mendiskusikannya.
§
Siswa menuliskan manfaat perkembangbiakan hewan
secara vivipar dan ovipar kemudian disampaikan kepada teman kelasnya. Guru
membimbing diskusi secara klasikal.
§
Setelah siswa membaca teks tentang kegiatan ekonomi
di negara ASEAN, guru dan siswa membahasnya sebentar.
§
Dalam kelompoknya, setiap siswa diminta untuk
menyampaikan kondisi geografis negara ASEAN dan kehidupan ekonominya. Siswa
kemudian diminta untuk menyampaikan kembali apa yang dibacanya.
§
Guru memberikan penguatan tentang kehidupan ekonomi
negara ASEAN.
§
Pada pertemuan sebelumnya, siswa memilih dua negara
ASEAN dan menuliskan kehidupan sosial budayanya.
§
Untuk melengkapi informasi dua negara tersebut,
siswa diminta untuk membandingkan negara-negara tersebut dari kehidupan
ekonominya.
§
Pada kesempatan ini, guru menyampaikan informasi
kepada siswa bahwa mereka akan mendengarkan guru membaca teks laporan. Siswa
harus menyimaknya dan mengisi diagram.
§
Sebelum membaca teks, guru mengingatkan siswa untuk
menyimak dengan saksama. Guru memastikan bahwa semua siswa dapat mendengar
suara guru dengan jelas.
§
Siswa kemudian mendiskusikan diagramnya dengan teman
kelompoknya dan memperbaiki jawabannya apabila perlu.
§
Guru menyampaikan daftar periksa penilaian kepada
siswa.
§
Siswa melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan
yang terdapat dalam Buku Siswa.
§
Guru dapat menambahkan pertanyaan refleksi
berdasarkan panduan yang terdapat pada
lampiran di Buku Guru.
Pembelajaran II
§ guru bersama siswa mendiskusikan kembali
pengamalan nilai Pancasila.
§ Siswa melanjutkan kegiatan dengan mengamati
gambar dan mencocokkannya dengan nilai-nilai yang diminta
§ Siswa secara individu harus menemukan contoh
pengamalan sila kesatu dan kedua dalam kehidupan sehari-hari dan
penerapannya.
§ Guru menyampaikan bahwa hasil karya seni rupa
dari gerabah dibuat dalam berbagai bentuk. Salah satunya adalah patung
Nusantara dari tanah liat.
§ Siswa mengamati kerajinan patung tanah liat
Nusantara dari Kasongan, Yogyakarta.
§ Siswa mendiskusikan pertanyaan yang terdapat
dalam buku siswa
§ Siswa mencoba membuat bentuk model dengan
menggunakan bahan.
§ Siswa melakukan perenungan dengan menjawab
pertanyaan yang terdapat dalam Buku Siswa.
Pembelajaran III
§ Guru menunjukkan buah atau sayuran yang dibawanya
(yang berkembang biak secara vegetatif : bawang, pisang, wortel, atau
lainnya). Guru dapat meminta siswa untuk menulis pertanyaan terkait
tumbuhan/sayuran yang mereka lihat terkait perkembangbiakannya
§ Setiap siswa mendiskusikan pertanyaan yang
ditulisnya dalam kelompok
§ Guru menginformasikan kepada siswa bahwa mereka
akan belajar tentang perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif.
§ Siswa memulai kegiatan dengan melakukan
pengamatan gambar yang ada pada buku pelajaran dan melakukan diskusi
setelahnya.
§ Siswa dapat menambah pengetahuan mereka dengan
meminta mereka untuk membaca buku di perpustakaan atau teks yang telah
disiapkan tentang perkembangbiakan secara vegetatif (apabila tersedia).
§ Setelah mengamati tumbuhan di lingkungan sekolah,
siswa mengisi tabel pada buku dan menulis manfaat perkembangbiakan secara
vegetatif.
§ Siswa melanjutkan kegiatan dengan membaca teks
dan menulis ide pokoknya dengan mengisi diagram.
§ Siswa menulis ide pokok pada diagram yang
tersedia.
§ Siswa mendiskusikan hasilnya dengan teman
kelompok dan membuat perbaikan yang perlu. Setelah itu mereka
mengembangkannya dengan kalimat sendiri.
§ Siswa melakukan perenungan dengan menjawab
pertanyaan yang terdapat dalam Buku Siswa.
§ Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan
berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran Buku Guru.
Pembelajaran IV
§ Guru
menunjukkan tumbuhan dalam pot dan mengajak siswa untuk memberikan
pendapatnya tentang manfaat-manfaat tumbuhan.
§ Siswa membaca
instruksi yang ada di buku teks dan membaca teks bacaan.
§ Guru mengajak siswa
membaca paragraf I dalam hati dan membaca kesimpulan yang ada di buku.
§ Guru melanjutkan kegiatan
untuk paragraf kedua dengan kegiatan yang sama.
§ Setiap siswa diminta
untuk membuat ciri-ciri kesimpulan yang baik.
§ Guru memberikan
penguatan tentang apa yang dimaksud dengan kesimpulan yang baik.
§ Siswa melanjutkan
kegiatan dengan mengamati gambar dan menjawab pertanyaan dan mendiskusikannya
dengan teman kelompoknya.
§ Guru mendiskusikan
jawaban siswa secara klasikal.
§ Siswa secara
individu harus menemukan contoh pengamalan sila ketiga dalam kehidupan
sehari-hari dan penerapannya.
§ Di akhir kegiatan,
guru bersama siswa mendiskusikan kembali tentang pengamalan nilai Pancasila
terkait sila ketiga
Pembelajaran V
§ Guru menempel peta ASEAN di papan tulis dan mendiskusikan wilayahnya.
§
Di awal pembelajaran, guru meminta siswa untuk
melanjutkan pekerjaan mereka terkait negara ASEAN. Siswa membuka kembali
catatan yang ada pada diagram Venn-nya.
§
Guru menunjukkan daftar periksa yang akan digunakan
untuk menilai pekerjaan siswa.
§
Guru kemudian mengajak siswa untuk berdiskusi
tentang hasil pekerjaannya.
§
Siswa diingatkan untuk mengambil bahan patung dan
melanjutkan membuat model patung sederhana dengan bahan yang ada agar
terbiasa dan keterampilan mereka semakin bertambah baik.
§
Siswa melanjutkan kegiatan dengan membaca soal
cerita. Guru mengingatkan mereka untuk membacanya dengan seksama dan menjawab
soal dengan cermat.
Pembelajaran VI
§
Siswa melanjutkan kegiatan dengan membaca teks yang ada pada buku
pelajaran.
§
Secara klasikal siswa mendiskusikan hasilnya.
§
Secara individu siswa mengumpulkan kesimpulan yang ada dan menuliskan
kesimpulan secara utuh.
§
Guru berkeliling untuk memberikan bantuan saat siswa berdiskusi.
§
Guru dapat memulai kegiatan berikutnya dengan mengajak siswa untuk
berdiskusi tentang pengalaman mereka merawat tanaman. Dua atau tiga siswa diberi kesempatan untuk
menyampaikan pengalamannya. Siswa lain dipersilakan untuk memberi komentar.
§
Guru kemudian mengajak siswa untuk mengerjakan tugas sesuai instruksi
yang ada di buku.
§
Setiap siswa kemudian menulis rencana penerapan sila Persatuan Indonesia
terkait dengan menjaga tumbuhan.
§
Siswa menyampaikan hasilnya kepada teman kelompok dan setelah itu mereka
menyampaikannya kepada guru.
|
Sikap :
· Observasi
Selama
KBM:
ü Percaya diri
ü Tanggung
jawab
ü Santun
Pengetahuan:
Tes tulis, lisan,
penugasan
· Ide pokok dan informasi penting
· Perkembangbiakan generatif
· Karakteristik negara ASEAN
terkait sosial budaya
· Sila ke-1 dan ke-2
· Bahan membuat patung dan Teknik
membuat patung
· Perkembangbiakan vegetatif
· Ide pokok, informasi
· Cara membuat kesimpulan
· Sila ke-3
· Kondisi geografis negara ASEAN
· Patung nusantara
· Keberagaman di lingkungan sekitar
· Kesimpulan yang baik
· Kata baku
Keterampilan:
Unjuk kerja
· Membaca pemahama
· Mengamati dan membuat laporan
· Membandingkan
· Membandingkan, mengurutka
· Merefleksi
· Mengamati
· Membuat laporan
· Membaca pemahama
· Menyimpulkan
· Merefleksi diri
· Membandingkan
· Menyelesaikan masalah
· Membaca pemahama
· Menyelesaikan masalah
· Membaca pemahaman
· Membuat rencana
|
36
JP
|
Buku Pedoman
Guru Tema: Selamatkan Makhluk Hidup
Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013,
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
Buku Siswa
Tema : Selamatkan Makhluk Hidup
Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
|
·
Integritas
·
Nasionalis
·
Religius
·
Percaya diri
·
Cermat
·
Kerja sama
·
Mandiri
·
Disiplin
·
Tanggung jawab
·
Menghargai
|
4.1 Menyajikan
hasil analisis pelaksanaan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
|
4.1.1 Menerapkan dua kegiatan yang sesuai dengan sila
kesatu dan kedua dari sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
4.1.2 Melakukan refleksi terkait penerapan sila
ketiga dari sila Pancasila.
4.1.3 Menerapkan dua
kegiatan yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila terkait menjaga tumbuhan.
|
1.
Setelah berdiskusi, siswa mampu menerapkan dua kegiatan yang sesuai dengan sila kesatu dan kedua dari sila
Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
2.
Setelah berdiskusi, siswa mampu melakukan refleksi terkait penerapan sila ketiga dari sila Pancasila dengan benar.
3.
Setelah berdiskusi, siswa mampu menerapkan dua kegiatan yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila terkait menjaga
tumbuhan dengan rinci.
|
|||||||
Bahasa Indonesia
|
3.1 Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang
didengar dan dibaca.
|
3.1.1 Menemukan ide pokok dengan bantuan diagram.
|
1. Setelah mendengarkan teks laporan yang
dibacakan, siswa mampu menemukan ide pokok dengan bantuan diagram.
|
§
Mencatat ide pokok dari teks yang dibaca.
|
|||||
|
4.1 Menyajikan simpulan secara lisan dan tulis
dari teks laporan hasil pengamatan atau wawancara yang diperkuat oleh bukti.
|
4.1.1Mengembangkan ide pokok dengan menggunakan bahasanya sendiri secara
rinci.
|
1. Setelah menemukan ide pokok dari teks yang
dibacakan, siswa mampu mengembangkan ide pokok dengan menggunakan bahasanya sendiri secara rinci.
|
Muatan Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Tujuan
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
PPK
|
SBdP
|
3.4 Memahami patung.
|
3.4.1 Menyebutkan berbagai patung dan cara pembuatannya serta keterampilan yang
dibutuhkan.
3.4.2 Menemukan cara
membuat patung.
|
1. Setelah mengamati berbagai contoh patung
Nusantara, siswa mampu menyebutkan berbagai patung dan cara pembuatannya
serta keterampilan yang dibutuhkan.
2. Setelah melakukan uji coba dengan bahan
patung, siswa mampu menemukan cara membuat patung dengan tepat.
|
Patung Nusantara
Berlatih
keterampilan membuat patung dengan membuat bentuk dari adonan mainan.
|
|||||
4.4 Membuat patung.
|
4.4.1 Membuat model patung.
4.4.2 Mencoba membuat
patung dengan lebih terampil.
|
1. Dengan menggunakan bahan tanah liat, lilin
malam, atau adonan plastisin, siswa mampu membuat model patung.
2. Dengan menggunakan bahan tanah liat, lilin
malam, atau adonan, siswa mampu mencoba membuat patung dengan lebih terampil.
|
|||||||
IPS
|
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis dan
kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.
|
3.1.1 Menyebutkan kehidupan ekonomi dari dua
negara terkait kondisi geografisnya.
|
1.
Setelah membaca teks
tentang ASEAN, siswa mampu menyebutkan kehidupan ekonomi dari dua negara
terkait kondisi geografisnya dengan benar.
|
§
Menemukan persamaan dan perbedaan karakteristik dua Negara ASEAN
terkait kehidupan ekonomi.
|
|||||
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik
geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politik di wilayah ASEAN.
|
4.1.1 Menulis laporan tentang perbedaan kehidupan ekonomi dari dua negara
terkait kondisi geografisnya.
|
1.
Setelah berdiskusi,
siswa mampu menulis laporan tentang perbedaan kehidupan ekonomi dari dua
negara terkait kondisi geografisnya dengan benar melalui diagram Venn.
|
|||||||
IPA
|
3.1 Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan
dan hewan
4.1 Menyajikan karya tentang perkembangangbiakan
tumbuhan.
|
3.1.1 Mengklasifikasi hewan berdasarkan cara perkembangbiakannya secara ovipar
dan vivipar serta manfaatnya.
|
1. Setelah membaca teks, siswa mampu
mengklasifikasi hewan berdasarkan cara perkembangbiakannya secara ovipar dan
vivipar serta manfaatnya.
|
§
Membandingkan perkembangbiakan hewan yang ada di negara ASEAN
menggunakan diagram Venn.
|
|||||
4.1.1 Melaporkan hewan berdasarkan cara perkembangbiakan secara ovipar dan
vivipar melalui tabel dan manfaatnya.
|
1. Setelah berdiskusi, siswa mampu melaporkan hewan
berdasarkan cara perkembangbiakan secara ovipar dan vivipar melalui tabel dan
manfaatnya dengan benar.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.